DEFINISI KOMPUTER

Apakah anda pernah mendapat pertanyaan yang berkisar tentang apakah komputer itu? Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Istilah komputerdiambil dari bahasa Latin yaitu Computare yang berarti menghitung.

Beberapa definisi  Komputer dari beberapa buku Komputer.
Menurut buku Computer Annual (Robert Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
Ø  Menerima input
Ø  Memproses input tadi sesuai dengan programnya.
Ø  Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
Ø  Menyediakan output dalam bentuk informasi

Menurut buku Computer  Today (Donald Sanders)
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosenya  dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu intruksi-intruksi program yang tersimpan di memori (stored program)

Menurut buku Computer Organization (V.C Hamacher, Z.G Vranesic, S.G Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung  elektronik yang cepat dapat menerima informasi  input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan meghasilkan output informasi.

Menurut buku Introduction To The Computer, The Toll Of Business (William M.Fuori):
Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar  atau oprasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoprasikan selama pemrosesan.

Menurut buku Introduction To Computer (Gordon B. Davis):
Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
1.      Alat elektronik
2.      Dapat menerima input data
3.      Dapat mengolah data
4.      Dapat memberikan informasi
5.      Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
6.      Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7.      Bekerja secara otomatis

PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK
            Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengolahan data adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti berupa suatu informasi.
Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Jadi pengolahan data elektronik adalah manipulasi dari data kedalam  bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu Komputer.

SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar,  yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle) yaitu : input, processing dan output.
 




Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus yang di kembangkan (expanded data processing cycle) dapat ditambahkan tiga atau lebih yaitu : origination, storage dan distribution






ORIGINATION. Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
INPUT. Tahap ini merupakan proses pemasukkan data ke dalam proses Komputer lewat data input (input device).
Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasi, mengurutkan mengendalikan atau mencari data storage.
OUTPUT. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device), yaitu berupa informasi.
DISTRIBUTION. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.

STORAGE. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (Storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya. Pada gambar tampak adanya 2 buah anak panah yang berlawanan arah ini menunjukkan hasil pengolahan dapat disimpan di storage dan dapat di ambil kembali untuk proses pengolahan data selanjutnya.
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

0 komentar to DEFINISI KOMPUTER :

Posting Komentar